Pengenalan Robotika untuk Kelompok Anak Saung Baca di Pabuaran, Purwokerto

Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan fantasi dan imajinasi. Dunia anak juga merupakan dunia dimana manusia kecil ini haus akan segala bentuk informasi yang ingin diketahui. Oleh karena itu, sangatlah wajar jika di masa kecil kita selalu bertanya-tanya dan ingin tahu tentang berbagai hal, termasuk di dalamnya adalah tentang robot.

Saat ini robot bukan merupakan hal yang asing bagi anak-anak. Robot hadir dalam dunia anak dengan beraneka ragam bentuk mainan, baik yang sudah jadi atau langsung dimainkan, maupun yang masih harus dirakit sendiri, sesuai dengan kreatifitas mereka. Dan dari kreatifitas inilah, maka timbul keingintahuan sekelompok anak yang tergabung dalam kelompok “Saung Baca”, untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu dan bagaimana robot itu bisa dibuat.

Penulis bersama dengan kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Divisi Robotik ST3 Telkom, berusaha untuk memenuhi kebutuhan kelompok anak tersebut dalam suatu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat, berupa pelatihan robot yang menarik dan informatif. Kegiatan ini terselenggara pada hari Minggu, tanggal 12 Maret 2016, dimulai pada pukul 08.30 WIB, di Jalan Sunan Ampel gang Krakatau, desa Pabuaran, Purwokerto.
Adapun tujuan dari kegiatan ini yang terutama adalah mengenalkan dunia Robotika dan berbagai macam penerapannya, kepada kelompok anak Saung Baca. Dan manfaat yang didapatkan oleh anak-anak tersebut tentunya mereka jadi lebih memahami dan mengerti tentang Robot dan aplikasinya.

Dalam kegiatan tersebut, peserta yang terdiri dari anak-anak usia balita hingga 12 tahun berjumlah 36 anak, berkumpul di Padepokan Saung Baca, kemudian mahasiswa mengawali acara dengan doa bersama, sambutan, dan dilanjutkan dengan pematerian yang diselingi dengan games. Setelah pematerian selesai peserta mendapatkan visualisasi dari berbagai macam robot yang secara langsung diperagakan dan penjelasan cara kerjanya yang disampaikan oleh Penulis bersama Mahasiswa. Untuk lebih menarik perhatian peserta, Penulis bersama Mahasiswa juga membagikan door price, dengan syarat dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkan mengenai materi dan visualisasi yang telah mereka terima.

Puncak acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh peserta yaitu pembuatan robot, Mahasiswa membimbing peserta untuk membuat robot rubber power secara berkelompok. Setelah selesai membuatnya, peserta menerbangkan robot rubber power di lapangan terbuka, sampai puas bermain dan mereka tampak sangat bergembira. Sebagai penutup acara, anak-anak kembali ke padepokan Saung Baca dan acara ditutup dengan ucapan terima kasih oleh Ketua Kelompok Anak Saung Baca, yaitu Ibu Tri. Beliau berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja, namun tetap berkelanjutan dengan materi lainnya yang tentunya berguna bagi kemajuan anak-anak di kelompok Saung Baca tersebut.

Sambutan oleh Bp. Imam Muhammadi PB, S.T.,M.T.
Narasumber menjelaskan gambaran umum tentang Robot kepada peserta.

 

Peserta menerbangkan robot buatannya di lapangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *