Jenis jenis Layar Sentuh


Layar Sentuh adalah perangkat input yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan layar perangkat elektronik, seperti smartphone, tablet, atau komputer, dengan menyentuh langsung permukaan layar. Ada beberapa teknologi yang digunakan dalam Layar sentuh atau touchscreen, di antaranya:

  1. Resistive Touchscreen: Teknologi ini terdiri dari dua lapisan tipis yang terbuat dari material konduktif yang terpisah oleh ruang kecil. Ketika layar disentuh, lapisan tersebut bersentuhan, menciptakan sambungan listrik dan mengidentifikasi titik di mana sentuhan terjadi. Responnya bisa dibilang cukup lambat dan biasanya memerlukan tekanan yang lebih besar.
  2. Capacitive Touchscreen: Teknologi ini menggunakan lapisan kaca yang dilapisi dengan lapisan konduktif transparan, biasanya oksida indium-timah (ITO). Ketika jari atau benda konduktif lain menyentuh layar, sinyal listrik ditransmisikan ke titik tersebut, memungkinkan deteksi lokasi sentuhan. Capacitive touchscreen lebih responsif dan umumnya lebih baik untuk multitouch.
  3. Surface Acoustic Wave (SAW) Touchscreen: Teknologi ini menggunakan gelombang suara yang dipancarkan di permukaan kaca. Ketika layar disentuh, gelombang suara ini terhalang, dan sensor di tepi layar mendeteksi perubahan dalam gelombang suara, memungkinkan untuk menentukan lokasi sentuhan. SAW touchscreen biasanya tahan terhadap pencemaran dan memiliki respon yang baik.
  4. Infrared (IR) Touchscreen: Teknologi ini menggunakan rangkaian infrared LED di satu sisi layar dan sensor infrared di sisi lain. Ketika layar disentuh, inframerah terhalangi, memungkinkan sensor untuk mendeteksi lokasi sentuhan. Ini adalah teknologi yang tahan terhadap pencemaran dan dapat mendukung multitouch.
  5. Optical Touchscreen: Teknologi ini menggunakan kamera dan sensor optik untuk mendeteksi perubahan cahaya saat layar disentuh. Ketika jari menyentuh layar, perubahan cahaya ini terdeteksi, memungkinkan untuk menentukan lokasi sentuhan.

Setelah lokasi sentuhan dideteksi, perangkat touchscreen mengirimkan informasi koordinat sentuhan ke perangkat pengolahan data, yang kemudian menerjemahkan informasi tersebut ke dalam tindakan yang sesuai, seperti memindahkan kursor, memilih item, atau memicu fungsi tertentu.

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Scroll to Top